Kamis, 21 Januari 2016

Cegah DBD, Rutan Jeneponto di Fogging

   Jeneponto - Puskesmas Binamu Kota, Kab. Jeneponto menggelar Fogging / Pengasapan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Jeneponto, Kamis (21/01). "Fogging ini dilaksanakan untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk khususnya nyamuk jenis Aedes aegypti yang menularkan virus dengue penyebab DBD (Demam Berdarah Dengue), dimana cuaca seperti ini perkembangan nyamuk menjadi sangat mudah," tutur Rachmawati, S.Kep, Petugas Puskesmas Binamu Kota.
   "Fogging ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk realisasi MOU dengan Puskesmas Binamu Kota pada Bidang Kesehatan. Pasca fogging dilaksanakan, diharapkan kasus DBD tidak ditemukan di Rutan Jeneponto," ungkap M. Ilham Agung S, Karutan Jeneponto.
   Sasaran fogging adalah Seluruh kamar hunian penghuni rutan, Dapur, Pos Jaga yang terbagi 3 titik, Mesjid, Wc Umum, saluran pembungan hingga lingkungan sekitar rutan turut di fogging.
   "Selain pelaksanaan fogging, upaya pencegahan DBD dapat dilakukan dengan melakukan 4M Plus yaitu Menguras semua wadah penyimpanan air seperti bak mandi, tempayan, ember, penampungan kulkas dan lainnya, Menutup semua wadah penyimpanan air untuk mencegah masuknya nyamuk dan betelur, Mengubur / Memusnahkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan agar tidak menjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk, Memantau semua wadah air yang dapat menjadi tempat berkembangbiak nyamuk, PLUS jangan mengantung baju sembarangan, hindari gigitan nyamuk dengan menggunakan losion, semprotan, bakar anti-nyamuk, dan juga bubuhkan abate pada bak mandi dan wadah air lainnya. Intinya adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan." Tegas Rachmawati.


Fogging Cegah DBD di Rutan Jeneponto, Kamis (21/01)

Kontributor : Eddy Bastian

0 komentar:

Posting Komentar

TweetLine